CUPLIKAN PIDATO BUNG KARNO 1 JUNI 1945 PADA SIDANG DOKURITSU ZYUNBI TYOOSAKAI, YANG TERKENAL DENGAN “LAHIRNYA PANTJA SILA”

0
774

 

“…Prinsip yang kelima hendaknya : Menyusun Indonesia Merdeka dengan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Prinsip K e t u h a n a n Bukan saja bangsa Indonesia bertuhan, tetapi masing-masing orang Indonesia hendaknya bertuhan Tuhannya sendiri. Yang Kristen menyembah Tuhan menurut petunjuk Isa al Masih, yang Islam bertuhan menurut petunjuk Nabi Muhammad s.a.w., orang Buddha menjalankan ibadatnya menurut kitab-kitab yang ada padanya. Tetapi marilah kita semuanya ber-Tuhan.

 

Hendaknya negara Indonesia ialah negara yang tiap-tiap orangnya dapat menyembah Tuhannya dengan cara yang leluasa. Segenap rakyat hendaknya ber-Tuhan secara kebudayaan, yakni dengan tiada “egoisme-agama”. Dan hendaknya Negara Indonesia satu Negara yang bertuhan!

 

Marilah kita amalkan, jalankan agama, baik Islam, maupun Kristen, dengan cara yang berkeadaban. Apakah cara yang berkeadaban itu? Ialah hormat-menghormati satu sama lain. (Tepuk tangan sebagian hadlirin). Nabi Muhammad s.a.w. telah memberi bukti yang cukup tentang verdraagzaamheid, tentang menghormati agama-agama lain. Nabi Isa pun telah menunjukkan verdraagzaamheid itu.

 

Marilah kita di dalam Indonesia Merdeka yang kita susun ini, sesuai dengan itu, menyatakan: bahwa prinsip kelima dari pada Negara kita, ialah Ketuhanan yang berkebudayaan, Ketuhanan yang berbudi pekerti yang luhur, Ketuhanan yang hormat-menghormati satu sama lain. Hatiku akan berpesta raya, jikalau saudara-saudara menyetujui bahwa Negara Indonesia Merdeka berazaskan Ketuhanan Yang Maha Esa!

 

Disinilah, dalam pangkuan Azas yang kelima inilah, saudara-saudara, segenap agama yang ada di Indonesia sekarang Ini, akan mendapat tempat yang sebaik-baiknya. Dan Negara kita akan ber-tuhan pula!

 

Jakarta, 28 Juni 2017

Weinata Sairin

(Ejaan disesuaikan)

Baca juga  INDONESIA AKAN SEJAHTERA BILA BERDAMAI DAN MEMBUKA HUBUNGAN DIPLOMATIK DENGAN ISRAEL.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here