Negara Adil, Makmur dan Sejahtera

0
41

Oleh: Christian T

Bacaan Alkitab : 1 Taw 27:1-34

 

 

 

Syalom, sahabat-sahabat yang terkasih dalam Kristus Yesus.

 

Pembacaan kali ini tercatat Daud mengangkat pejabat dan penasehat untuk membantunya dalam menjalankan roda pemerintahan guna tercapainya masyarakat yang adil, makmur, sejahtera, aman dan sentosa.

 

Ada tiga kelompok pejabat beserta deskripsi tugas-tugasnya :

 

Pertama, pejabat yang bertugas sebagai komandan yang mengepalai giliran libur dan jaga dari  24.000 orang per kelonpok melayani raja selama 12 bulan sepanjang tahun (1-15).

 

Kedua, pejabat yang bertugas sebagai kepala dari tiap-tiap suku Israel, tidak termasuk suku Lewi dan Benyamin (16-24, lih.1Taw 21 ).

 

Ketiga, pejabat yang bertugas sebagai pengawas harta Daud antara lain: persediaan raja, para pekerja di ladang, kebun-kebun anggur dan persediaan anggur, pohon-pohon zaitun dan ara, beserta persediaan minyak, dan ternak , dan yang terakhir adalah para penasehat raja.(25-34).

 

Sahabat yang terkasih,

Kemakmuran, kesejahteraan, dan keamanan dapat terwujud sangat bergantung pada peran pemimipin, para pembantu dan penasehatnya.

Pemimpin harus memiliki visi dan misi, adil dan bijaksana, memberi teladan dalam kesederhanaan dan yang paling penting adalah takut dan cinta TUHAN.

Demikian pula dengan para penasehat dan pembantunya dari level yang paling tinggi sampai yang paling rendah, dari pusat sampai ke daerah.

 

Para pembantu raja membantu raja menjalankan pemerintahan agar berjalan lancar, tugas manajerial yaitu mengatur rakyat, terjaminnya ketahanan pangan, ekonomi, dan para penasehat memberikan masukan-masukan kepada raja dalam mengambil kebijakan dan keputusan yang penting dalam segala sektor seperti: kenegaraan, keagamaan, dan pertahanan dan keamanan. Mereka harus bekerja bersama-sama demi kepentingan bersama, tidak ego sektoral atau ego pribadi. Oleh sebab itu mereka harus bekerja loyal kepada para pemimpinnya dan bertanggung jawab atas tugasnya, serta terjalin koordinasi yang baik antar sektor dan juga dengan rakyat yang dipimpinnya.

Baca juga  Kematian Yang Berharga

 

Baiklah, Kepada para pemimpin atau kepala negara, menteri, gubernur, bupati, walikota, lurah, rt dan rw, dan pejabat negara lainnya bekerjalah sungguh-sungguh penuh tanggung jawab kepada TUHAN dan rakyat yang dipimpinnya sebagai pembayar pajak guna tercapai masyarakat adil dan makmur.

 

Dan akhirnya kepada kita sebagai warga negara yamg baik, dukunglah para pemimpin kita sebagai wakil Allah di muka bumi dengan memenuhi kewajiban dan mematuhi hukum, serta mendoakannya yang bekerja demi kesejahteraan kita.

 

” Dalam besarnya jumlah rakyat terletak kemegahan raja, tetapi tanpa rakyat runtuhlah pemerintah “. ( Ams 14:28 )

 

” Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.” ( Ibr 13:17 )

 

” Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu “. ( Yer 29:7 )

 

Tuhan Yesus memberkati Presiden Joko Widodo beserta seluruh jajaran pemerintahannya dari pusat sampai daerah, dari yang tertinggi sanpai terendah.

Berilah beliau hikmat dan kebijakasaan dalam mewujudkan kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Amin

 

Salam dan doa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here