BERHENTI BERMAIN-MAIN DENGAN DOSA

0
38

 

*Bacaan Alkitab hari ini*

Galatia 5:1-26

 

 

*Bacaan Alkitab setahun*

Ibrani 2; Mazmur 149-150

 

 

*AYAT HAFALAN*

Galatia 5:13, Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.

 

*RENUNGAN INSPIRASI*

Sebuah kejadian tragis terjadi di Jakarta pada hari Senin, 19 Juli 2010. Menurut saksi mata di tempat kejadian, seorang polisi berpangkat Briptu (Brigadir Satu) bercanda dengan seorang temannya menggunakan pistol miliknya di sebuah rumah.

 

Saat mereka mulai bermain-main ala cowboy dengan sebuah pistol, sang Briptu mengeluarkan seluruh peluru di dalam pistol dan hanya memasukkan satu butir peluru ke pistolnya. Setelah itu dia mengarahkah pistol ke kepala temannya dan menembak. Naas, ternyata pelatuk pistol itu tepat mengenai satu-satunya peluru yang ada di dalam pistol itu, sehingga terjungkallah temannya dengan kepala bersimbah darah.

 

Sang Briptu dengan panik membawa temannya ke rumah sakit namun akhirnya meninggal. Kasus ini akhirnya berbuntut panjang dan dirinya kini harus berurusan dengan penyidik untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

 

Ini sama halnya dengan dosa. Dosa mungkin kelihatannya tidak berbahaya, namun jika kita bermain-main dengan dosa, maka satu saat kita pasti akan menuai penyesalan dan penderitaan.

*Tuhan mengingatkan orang percaya agar jangan bermain-main lagi dengan dosa, karena sesungguhnya kita telah dimerdekakan dari perhambaan dosa* (ay. 1).

 

Namun kenyataannya, masih banyak orang percaya yang suka bermain-main dengan dosa. Misalnya, meski seseorang telah memiliki kehidupan keluarga yang bahagia dan harmonis, tapi ternyata diam-diam sedang berselingkuh dengan rekan kerja. Sehingga akhirnya rumah tangganya pun berantakan dan berakhir dengan perceraian. Atau sebagai orang muda yang awalnya punya prestasi dan masa depan yang baik, akhirnya harus berakhir di panti rehabilitasi karena bermain-main dengan narkoba.

Baca juga  Beriman dan Berakal Sehat

 

*Jangan sekali-kali berkompromi dengan dosa. Bangunlah hubungan pribadi dengan Tuhan dan milikilah komunitas rohani yang bisa menjaga iman Anda.*

 

 

*REFLEKSI DIRI*

1. Mengapa kita orang percaya tidak boleh bermain-main dengan dosa? (ay.1)

2. Bagaimana caranya agar Anda terhindar dari godaan berbuat dosa?

 

*POKOK DOA*

Tuhan, terima kasih telah mengingatkanku betapa bahayanya jika aku tetap bermain-main dengan dosa. Aku sadar bahwa hidupku ditebus dari cara hidupku yang lama. Mampukan aku, ya Roh Kudus, agar aku senantiasa senantiasa berjalan dalam terang Firman-Mu.

 

*YANG HARUS DILAKUKAN*

*Kenalilah area mana Anda mudah jatuh dalam dosa dan segera menjauh dari situ.*

 

*Dosa akan menjadi hal yang tidak disukai saat kita hidup dekat dengan Tuhan.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here