Refleksi dan Dikusi Awal Tahun PIKI 2016: “Kebenaran Meninggikan Derajat Bangsa”

0
116
Baktinendra Prawiro (Ketua Umum DPP PIKI) Memberi kata sambutan dan Refleksi pengantar
Baktinendra Prawiro (Ketua Umum DPP PIKI) Memberi kata sambutan dan Refleksi pengantar

 

Jakarta, Suarakristen.com

Kebenaran Meninggikan Derajat Bangsa (Amsal 14:34). Demikian tema Refleksi Awal Tahun Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (DPP-PIKI) di Gedung Sinar Kasih Jalan Dewi Sartika pada Kamis, 28 Januari 2016. Pendeta Audy WMR Wuisang STh, MSi (Sekretaris Umum) mengawali refleksi tahun 2016 ini dengan doa dan renungan. Sedang, Baktinendra Prawiro (Ketua Umum) menyampaikan sambutan dan pengantar.
Diskusi terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama tentang perekonomian dan sesi kedua mengenai pertahanan dan keamanan. Sesi pertama menghadirkan sejumlah nara sumber termasuk Dr Putri Badikenatita Sitepu SE.,.M.Si (Wakil Ketua Umum) membahas seputar ‘Perekonomian Indonesia 2016; Prospek dan Tangan.’ Parhimpunan Simatupang (Ketua Bidang Ekonomi dan UKM) memaparkan topik ‘Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan Tenaga Kerja’. Pemaparan topik ‘Mandiri di Bidang Energi dan Ekonomi Melalui Penggunaan Mikroalga sebagai Bahan Baku Sumber Energi Terbarukan” oleh Ketua Bidang Demografi dan Lingkungan Hidup, dr Evi Douren diwakili Teddy Matheos.
Pada sesi berikutnya, topik ‘Meneropong Dunia Internasional Tahun 2016 Demi Ke-Indonesia-an yang Berkeadaban dan Berkesejahteraan’ dipaparkan Partogi Samosir (Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri). Topik ‘Demokrasi Lokal dan Pemilihan Kepala Daerah dalam Perpesktif Kebutuhan Kodifikasi Undang-undang Pemilu’ disampaikan Ir Izaac JR Litaay (Ketua Bidang Pendidikan dan Sumber Daya Manusia’. Topik ‘Papua; Antara Kepentingan Jakarta dan Kesejahteraan Rakyat’ disampaikan Woro Wahyuningtyas (Ketua Bidang Sosial dan Budaya) dan Mamberob Rumakiek MSi (Ketua Bidang Politik dan Keamanan).
Topik ‘Ancaman Radikalisme dan Terorisme terhadap Pluralisme di Indonesia’ disampaikan Imelda Masni Sianipar (Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kristen Indonesia) yang naskahnya disusun bersama Angel Damayanti M.Si (Wakil Sekretaris Jenderal). Topik ‘Bersama Memerangi Kekerasan terhadap Perempuan (KtP) dan Kekerasan terhadap Anak (KtA) di Indonesia’ dipaparkan Dra Irene L Simanjutak MA (Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak).
Diskusi selama sekitar pukul 11.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB ini dihadiri Martin Hutabarat (Anggota Fraksi Gerindra DPR-RI),Ali Masykur Musa, Soy Pardede, dan tokoh-tokoh Kristen lainnya (EPM)

Baca juga  Siap-siap! HONOR Tawarkan Diskon Besar-besaran di Shopee Super Brand

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here