Persekutuan Injili Sedunia Melantik Pdt. Efraim Tendero sebagai Sekretaris Jenderal Baru

0
142

Hotben Lingga

Untitled-1Persekutuan Injili Sedunia (World Evangelical Alliance) resmi melantik Pdt. Efraim Tendero sebagai Sekretaris Jenderal yang baru, di sela-sela acara Forum Pemimpin Injili di Tegucigalpa, Honduras, di hadapan Pemimpin-pemimpin Injili dari lebih 40 negara. (21/2)

Pendeta Efraim yang lebih terkenal dengan sapaan Uskup Ef adalah seorang tokoh Protestan Injili terkemuka di Filipina dan Asia. Tendero merupakan Ketua dari Dewan Gereja-gereja Injili Filipina (Phillipine Council of Evangelical Churches/PCEC) sejak tahun 1993 sampai sekarang. PCEC merupakan jaringan gereja dan kembaga-lembaga Injili di Filipina yang menghimpun 30.000 gereja-gereja Protestan berhaluan Injili, dari 69 aliran dan 160 organisasi-organisasi misi Protestan.

Di Filipina Tendero terkenal sebagai tokoh populis karena sangat peduli dan banyak terlibat dalam program-program pemberdayaan masyarakat miskin dan marjinal. Tendero juga terkenal sebagai salah seorang cendikiawan Protestan terkemuka di Filipina, ia termasuk salah seorang pemikir Injili di Asia. Tendero lama menjadi pemimpin majalah Evangelicals Today di Filipina.

Uskup Ef dikenal luas sebagai pengkotbah dan pembicara terkenal tentang kepemimpinan, pertumbuhan gereja dan misi. Ia telah sering diundang berbicara di lebih dari 30 negara. Tendero pernah menjadi penasehat spiritual Presiden Filipina Fidel V. Ramos, presiden Protestan pertama di negara mayoritas Katolik. Oleh Pemerintah Filipina, Tendero sering diutus menjadi wakil Pemerintah dalam forum-forum dan dialog lintas agama, baik ke PBB maupun LSM-LSM internasional.

Tendero menggantikan Dr. Geoff Tunnicliffe yang telah menjabat Sekjen WEA selama 10 tahun. Tunnicliffe merupakan Sekjen WEA yang paling lama menduduki posisi paling bergengsi di lembaga Injili tingkat dunia terbesar itu. Tendero akan efektif menduduki jabatan sebagai Sekjen pada tanggal 1 Maret 2015.

Baca juga  Kelompok Cipayung Plus: Generasi Milenial Jangan Terlena Propaganda Yang Mengelukan Orde Baru

Tendero mendapat gelar S.Th dari Febias College of Bible dan M.Div dari Trinity Evangelical Divinity School, AS. Dia mendapat dua gelar Doktor Kehormatan dari Asian Theological Seminary dan Febias College of Bible. Febias mendapat gelar doctor dalam bidang kepemimpinan dari International Graduate School of Leadership.

Ada 3 badan Gereja tingkat dunia yang mewakili lebih dari 2 milyar umat Kristen sedunia, yaitu Pertama, Vatikan yang mewakili aliran Kristen Katolik Roma. Kedua, Dewan Gereja Sedunia/DGD (World Council of Churches/WCC) yang menghimpun kaum Kristen Protestan Ekumenis dan Kristen Ortodoks. DGD menghumpun sekitar 550 juta umat Kristen Protestan dan Ortodoks. Ketiga, Persekutuan Injili Sedunia (World Evangelical Alliance/WEA). WEA merupakan organisasi kaum Protestan Injili terbesar di dunia yang menghimpun sekitar 600 juta kaum Protestan Injili. WEA yang didirikan pada tahun 1846 untuk menyatukan kaum konservatif dan Injili Protestan kini hadir di 129 negara.

“Ini merupakan tugas yang sangat besar. Saya sepenuhnya menyandarkan diri pada kekuatan Tuhan saja untuk menunaikan kepercayaan dan mandat ilahi yang diberikan kepada saya sebagai sekjen WEA”tegas ayah dari empat orang anak dan kakek dari 2 orang cucu tersebut dengan penuh antiusias.