Yonsei University: Universitas Protestan Terbaik di Asia

0
125
Salah satu kampus Yonsei yang megah.
Salah satu kampus Yonsei yang megah.

Universitas Yonsei (dieja janse) atau biasa disebut Yondae merupakan universitas riset swasta yang terletak di Seoul, Korea Selatan. Didirikan pada tahun 1885, Yonsei merupakan salah satu universitas tertua di Korea Selatan maupun di Asia. Di Korea Selatan Yonsei masuk kategori 3 universitas terbaik. Universitas Yonsei adalah salah satu universitas yang disebut Universitas “SKY”. Akronim itu adalah singkatan dari inisial 3 buah universitas terbaik dan paling selektif di Korea: Universitas Nasional Seoul, Universitas Korea, dan Universitas Yonsei . Pada tahun 2010, Yonsei diakui sebagai universitas terbaik ke 19 di Asia. Di tingkat dunia oleh QS World University, Yonsei  berada di ranking universitas terbaik ke 142. Sedang oleh Times Higher Education World University Rankings, Yonsei masuk ranking ke 190 terbaik dunia.

Yonsei merupakan universitas Protestan terbaik di Asia yang didirikan dengan azas Kristen, dengan visi “menghasilkan pemimpin-pemimpin Kristen dengan semangat kebebasan dan dan kebenaran”. Motto Yonsei adalah “Kebenaran  akan membebaskan/memerdekakan kamu” (Johanes 8:32)

Secara resmi Yonsei didirikan pada Januari  1957 melalui penggabungan Yonhi College(sebelumnya bernama Chosun Christian College) dan Severance Union Medical College. Nama Yonsei pun merupakan gabungan dua suku kata dua lembaga pendidikan ini yaitu Yon dari Yonhi College, sedang Sei dari Severance Union Medical College. Kedua kolese ini merupakan sekolah misi yang didirikan oleh misionaris Protestan yang berkarya di Korea.

Pada awalnya, Yonsei lahir dan bermula dari sekolah kedokteran dan rumah sakit misi. Pada bulan April 1885, misionaris Protestan yang dikirim Badan Misi Presbyterian Church in the U.S.A, yaitu Horace Newton Allen, mendirikan RS Gwanghyewon  (kemudian berganti nama menjadi Jejungwon (Rumah Pertolongan Semesta). Seorang Misionaris lainnya Horace Grant Underwood mendirikan Chosun Christian College. Dari karya kedua misionaris inilah kemudian berkembang/lahir Universitas Yonsei. Saat ini, ada lima Rumah Sakit yang didirikan oleh Yonsei sebagai rumah sakit pendidikan dan pelayanan bagi masyarakat.

Baca juga  INTISARI SEMINAR PENSIUNAN KOMPAS GRAMEDIA: TUA TETAP SEHAT (USIA 40 TH KE ATAS)

Sebagai universitas tertua di Korea,Yonsei mempunyai 3 kampus yang luas, megah, tenang dan terletak hanya 20 menit dari pusat kota Seoul. Ketiga kampus Yonsei menempati lahan kurang lebih 225 HA. Ada 23 fakultas dari tingkat sarjana sampai doktoral. Total mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di Yonsei sekitar 37.000. mahasiswa, dengan staf dosen 4178 orang. Yonsei merupakan lembaga pendidikan internasional terkemuka di Korea yang menjalin kerjasama dengan lebih dari 568 universitas mitra di 58 negara di seluruh dunia. Yonsei dianggap sebagai, universitas yang paling terdepan, mondial, berjejaring terbesar dan komprehensif di Korea.

Sejak didirikan di tahun 1885, Universitas Yonsei telah identik di Asia dengan pendidikan internasional dan program pertukaran pelajar yang diikuti hampir 4000 mahasiswa setiap tahunnya.

Sama seperti universitas misi (Protestan) lainnya seperti Ewha Woman’s University, Seoul Women’s University, Soongsil University, dan Hannam University, semua mahasiswa Yonsei diwajibkan mengikuti doa dan ibadah mingguan yang diselenggarakan di kampus. Penekanan pada pengembangan spiritual mahasiswa sangat khas di kampus Yonsei dan universitas Kristen lainnya. Hal ini sesuai dengan filosofi dan spirit Yonsei yang selalu ingin menjadi terbaik dan Pertama dalam segala bidang kehidupan.

Sejak berdiri pada tahun 1885 Yonsei telah menghasilkan paling sedikit 300.000 alumni yang tersebar di seluruh dunia. Banyak konglomerat Korea merupakan alumni Yonsei seperti Kim Woo-jung (Pendiri Daewoo Group), Koo Bon-Moo (LG Group), Suh Kyung-Bae (Taepyeongyang Corporation), Bang Woo Young (Chosun Ilbo) dan Lee Jae Woong (Daum Communications), Park Sam Koo(Kumho Asiana Group),  Choi Do Suk(Samsung Electronics), Chung Mong-hun (Hyundai Group), Park Geewon (Doosan Group). Menteri dan pejabat –pejabat tinggi Korea Selatan juga banyak yang merupakan alumni Yonsei.

Baca juga  Dr. Jonathan Parapak: Pendidikan itu Untuk Mentransformasi Kehidupan

Saat ini, Empat sinode/Organisasi Gereja yang menjadi pengelola Yonsei adalah The Presbyterian Church of Korea, the Presbyterian Church in the Republic of Korea, the Korean Methodist Church, dan  the Anglican Church of Korea.

Kapan ya ada Universitas Protestan di Indonesia yang dapat menjadi universitas sekaliber dan sehebat Yonsei? (Hotben Lingga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here