Paduan Suara Terkenal “Brigham Young University Singers” akan Menggelar Konser di Indonesia

0
45

 

 

 

Jakarta, Gramediapost.com

 

Paduan suara terkenal  “Brigham Young (BY) University Singers” asal Amerika Serikat (AS) akan menggelar konser dibeberapa daerah Indonesia.

“Brigham Young University Singers akan tampil di konser Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jakarta, pada, Rabu hingga Kamis (2-3 Mei 2018) dan ke daerah lain di Indonesia menampilkan lagu-lagu mereka dan lagu berbahasa Indonesia dan bahasa daerah,” ungkap Representatif dari Gereja Mormon  di sebuah restoran bilangan Tebet Timur Dalam Raya, Jakarta, Kamis lalu (27/4/2018).

Brigham Young University Singers merupakan ansambel paduan suara yang menampilkan dan membawakan alunan musik dari berbagai macam periode zaman dan budaya. Dari musik motet zaman Renaisans hingga musik spiritual Afrika-Amerika, kelompok paduan suara ini menghadirkan lantunan semua jenis musik serta berbagai macam karya orisinal yang diciptakan atau diaransemen untuk paduan suara.

BYU Singers ini telah tampil di beberapa aula konser yang paling bergengsi di dunia, termasuk Carnegie Hall di Kota New York; Kennedy Center di Washington, D.C.; Sydney Opera House dan Balai Kota di Sydney, Australia; Kapella di St. Petersburg; Musikverein di Wina; dan Walt Disney Concert Hall di Los Angeles.

Ansambel paduan suara ini akan membawakan penampilan terbaik mereka ke Vietnam dan Indonesia pada bulan Mei 2018.

BYU Singers akan tampil pada Konferensi Biennial 2017 dari The National Collegiate Choral Organization (NCCO) di Baton Rouge, Louisiana. Pada tahun 2006, mereka menyanyikan lagu di konferensi perdana NCCO.

Paduan suara ini baru saja menyelesaikan tur Amerika Serikat mereka di Arizona pada tahun 2016 dan tur tambahan mereka di Tiongkok pada musim semi tahun 2015. Dalam periode 21 hari, kelompok ini tampil di sembilan kota yang berbeda dan bekerja sama dengan berbagai universitas dan komunitas paduan suara, dengan memberikan lokakarya dan berkolaborasi dalam pertunjukan bersama di Tiongkok.

Baca juga  ALIANSI MAHASISWA DAN PEMUDA *DEKLARASI MAHASISWA DAN PEMUDA INDONESIA MELAWAN RADIKALISME DAN TERORISME*

BYU Singers telah melakukan perjalanan tur mereka di Amerika Serikat dan 27 negara lainnya, termasuk Rusia, Jerman, Swiss, Italia, Inggris, Mesir, Australia, Ghana, Irlandia, dan Afrika Selatan.

Pada tahun 2009, paduan suara ini ikut serta dalam acara Cork International Choral Festival di Irlandia, di mana mereka menerima Audience Favorite Award, yang disponsori oleh organisasi P.E.A.C.E. Setelah festival tersebut selesai, mereka tampil di kota-kota lainnya di Irlandia, Inggris, dan Wales.

Paduan suara ini, telah diundang untuk mempersembahkan tiga konser dengan Israeli Chamber Orchestra di Israel. Selain itu, BYU Singers juga telah diundang untuk mempersembahkan penampilan mereka beberapa kali dalam konferensi regional dan nasional dari American Choral Directors Association.

Kelompok ini merupakan satu dari dua paduan suara yang dipilih untuk mewakili Amerika Serikat pada acara Fourth World Symposium on Choral Music di Sydney, Australia, dan mewakili Amerika Serikat lagi di Olimpiade Musim Dingin 2002 di Salt Lake City.

Sutradara paduan suara, Dr. Andrew Crane, merupakan lulusan BYU dan memimpin kelompok paduan suara ini pada awal musim 2015. Dr. Crane merupakan sutradara BYU Singers pertama yang baru dalam jangka waktu 31 tahun terakhir. Di bawah arahannya, paduan suara ini telah tampil dan diundang di berbagai acara konferensi American Choral Directors Association dan National Association for Music Education dan telah memenangkan berbagai macam hadiah utama dalam kompetisi internasional.

Berikut beberapa komentar beberapa tokoh seni dunia tentang Brigham Young University Singers ini:

“Lagu mereka… dinyanyikan dengan tulus dan sepenuh hati. Saya sangat terkesan dengan paduan suara mereka yang indah, diksi yang jelas terdengar, dan ekspresi dari nada-nada mereka. Semua nada terhubung dengan baik dan memiliki intonasi yang sempurna.”Dr. Edith A. Copley, Regents Professor, Director of Choral Studies, Northern Arizona University (Universitas Arizona Utara)

Baca juga  Eratkan Kebersamaan, Pengurus Pusat GMKI Kunjungi Pesantren Ngalah, Pasuruan, Jawa Timur

“BYU Singers sangat spektakuler dalam segala hal; konser mereka sangat unik, para penyanyi merupakan duta yang hebat dari sekolah Anda.”Dr. Bruce Chamberlain, Profesor Musik, Director of Choral Activities, Associate Director, School of Music (Sekolah Musik), University of Arizona (Universitas Arizona)

“Level paduan suara tadi malam, dari lagu pertama hingga lagu terakhir, sangat sempurna!”Sean O’Connell, Direktur Musik, Corpus Christi RC, Inggris

“BYU Singers sangat sensasional. Anda mempersembahkan malam paling ajaib kepada diri saya dan para penonton melalui paduan suara bermutu tinggi. Saya merasa sangat bersyukur.”Duncan Clegg, High Sheriff of Gloucestershire, Gloucester, Inggris

“Brigham Young University Singers merupakan ansambel yang brilian dengan suara yang segar dan intonasi yang tajam. Suara mereka sangat lembut, dengan nada yang hangat dan tegas. Kemampuan interpretatif mereka mencakup kedalaman emosional kaum muda yang menyentuh spiritualitas semua orang.”American Record Review.

“BYU Singers mempertontonkan pertunjukan musik yang fenomenal dengan intonasi, perpaduan, ketepatan, dan kedalaman suara yang sangat menakjubkan, sehingga Anda merasa tidak akan pernah mendengar alunan musik paduan suara yang sama lagi.”

Seorang kritikus di Pittsburgh, mengomentari rekaman BYU Singers dari musik paduan suara Eric Whitacre.

“Suara mereka, bahkan tanpa peralatan amplifikasi, bergema ke seluruh langit malam dan menjulang tinggi ke langit. Kejernihan dalam penyampaian alunan musik mereka membuat semua orang terbuai dalam kenikmatan duniawi sesaat.”A. Harruna Attah and Pajohn Dadson, The Accra Mail, Ghana, Afrika Barat

“Saya sangat terkesan dengan bakat seni dan penampilan mereka. Diksi, ansambel, dan ekspresi yang indah membuktikan—kelompok ini merupakan paduan suara terbaik di negara ini.”Maurice Casey, American Choral Directors Association

“Gereja bersejarah St. Mary Redcliffe di Bristol, Inggris, merupakan tempat pertunjukan BYU Singers yang sangat menakjubkan. Saya pernah menghadiri berbagai macam konser di tempat ini, dan saya yakin tembok tuanya jarang mendengar paduan suara berbakat yang menyanyikan pujian luar biasa bagi Tuhan kita Yesus Kristus.”Peter J. Maunder, Bristol, Inggris

Baca juga  Pakai Aplikasi MyTech, Sekarang Tidak Usah Pusing Service Perabot Rumah Tangga

 

“Penampilan BYU Singers di Amman, Yordania, merupakan salah satu pengalaman yang paling berharga yang pernah saya alami. Satu kesempatan langka di mana semua penonton merasa tergerak oleh semangat batin yang sama.”Omar M. Kader, Washington

“Intensitas suara mereka yang mengagumkan dikombinasikan dengan suara yang kuat, standar keharmonisan yang tinggi, lagu-lagu budaya, dan kendali vokal yang mengesankan. Kemampuan mereka didukung oleh akting yang berbakat dan selera humor yang baik—yang sangat jarang ditemukan dalam paduan suara klasik.”Maariv (surat kabar), Tel Aviv, Israel.

 

Tour History BYU Singers

2018 May Vietnam, Indonesia

2016 May Utah, Arizona

2015 May China

2014 May Idaho, Washington, Oregon

2012 May Wales, England

2011 May Colorado, Wyoming, ACDA Convention in Chicago, IL

2009 May Ireland, England

2008 May Utah, Nevada, Southern California

2007 May South Africa

2005 May Washington D.C., Massachusetts, Connecticut, New Hampshire, Rhode Island, Maine,

Vermont, Michigan, Canada

2004 May Wyoming, Montana, Alberta and British Columbia, Canada

2002 February Hawaii

2001 May Ghana, Togo, Benin

2000 April Southern California

1999 May England, Jordan, Israel, New York

1998 April Northern Nevada/California

1997 May Illinois, Indiana, Missouri, Iowa, Nebraska, Minnesota, Wisconsin

1996 August New Zealand and Australia

1995 May Russia, Belarus, Lithuania, Kaliningrad, Latvia, Estonia

1994 February Nevada, Arizona

1993 May Virginia, Tennessee, North Carolina, Georgia, Washington DC

1992 March Hawaii

1991 May Italy, Israel

1990 February Nevada, Northern California

1988 February Nevada, Southern California

1987 June Germany, Belgium, Switzerland, Austria, Hungary

1987 March Idaho

1986 February Colorado

1985 May Russia, Austria, Hungary, Romania, Poland