Dengan Kekuatan Besar Datang Tanggung Jawab Besar

0
33

Oleh: Pdt. Jacobus Manuputty

Makin besar potensi seseorang maka makin besar pula tanggungjawab yang diembani, karena Tuhan tidak aka pernah memberi beban tanggungjawab kepada mereka yang tidak potensial. Dalam bahasa rokhaninya, ” Tuhan tidak akan pernah memberi cobaan melebihi kekuatan seseorang “. Karena itu, jangan pernah mengeluh apabila kita tidak mendapatkan rezeki yang sama dengan orang lain, tetapi yang paling penting kita harus sadari.. apakah potensi kita sama dengan mereka, supaya kita tidak cepat iri dan kecewa. Karena itu, orang-orang yang tidak bertanggungjawab itu lebih mudah kecewa.

Tanggungjawab itu berhubungan dengan tugas yang menghasilkan karya, kesiapan diri yang mau menerima segala reziko dan kesiapan mental yang tak akan mengeluh seberat apapun beban tugas kerja yang dipikul. Karena orang-orang yang bertanggungjawab adalah pribadi-pribadi unggul yang Tuhan sudah persiapkan, dan mereka menyadari itu. Karena itu orang-orang yang bertanggungjawab adalah pribadi yang jarang mengeluh, tetapi kalaupun ada keluhan maka itu hanya kepada Tuhan dan siapa yang mereka percayai. Karena keluhan mereka itu bernilai dan yang berhubungan dengan nasib sesama.

itulah sebabnya mereka yang punya sikap bertanggungjawab itu, selalu menempatkan kepentingan-kepetingan besar oranglain diatas kepentingannya sendiri, mereka mampu membedakan mana hal yang prioritas dan mana yang tidak penting. Dengan kekuatan besar(potensi) yang mereka miliki, maka Tuhan dengan santai memberi tanggungjawab besar kepada mereka, karena Dia tau mereka punya kualitas dan sanggup melakukannya. Sebaliknya mereka yang tidak bertanggungjawab, tidak akan mendapatkan peran-peran penting, dan karena itu mereka adalah pribadi yang biasa-biasa saja dan tidak istimewa.

Sadarilah kekuatan(potensi) yang ada pada dirimu, itulah talenta yang Tuhan beri. Jangan malas untuk melipat-gandakannya, karena Tuhan bisa mengambilnya dari dirimu dan memberikannya pada yang lain. ” DENGAN KEKUATAN BESAR DATANG TANGGUNGJAWAB BESAR “, apakah mungkin itu diri anda? Tuhan dan andalah yang paling tau! Apakah pribadi-pribadi yang bertanggungjawab itu ada di negara ini, pasti banyak. Apakah ada di Gereja Tuhan, pasti juga banyak.. dan Tuhan memerlukan diri mereka! Nah pribadi-pribadi yang bertanggungjawab itu, biasanya sedikit bicara banyak menunjukan bukti.

Baca juga  Musisi dan Penyanyi Dr. Ferdinand Tumewu, Spm., Diangkat Menjadi Tokoh Duta Peduli Anak Bangsa Indonesia 2017

Karena itu, jangan kecewa kalau anda tidak mendapatkan kepercayaan, tapi tanya diri apakah anda sudah bertanggungjawab atau belum. Atau jangan-jangan anda dan saya bukan orang yang Tuhan perlukan!

Selamat menapaki tanggungjawab diawal pekan! Gb. jm.
With my sist in Christ, Getruida Ferdinansus. Gb!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here