Etika Kehidupan

0
50

Oleh: Pdt.Jacobus Manuputty

MENEGUR JANGAN SAMPAI MENGHINA : mengingatkan kita bahwa, sebagus apapun isi teguran kita kalau itu dilakukan dengan kasar sehingga terkesan menghina maka itu tak punya nilai manfaat apa-apa. Teguran itu harus dilakukan dengan lemah lembut dan dengan niat yang tulus, agar punya arti.

MENDIDIK JANGAN SAMPAI MEMAKI : menegaskan bahwa prinsip didikan itu mengajak, menghimbau dan menunjuk jalan, bukan memaksa dan berlaku otoriter. Memaki itu bukan cara cerdas, tetapi bentuk kelemahan dari para pendidik yang tidak mengenal batin hati mereka yang dididik, karena itu manusia.

MEMINTA JANGAN SAMPAI MEMAKSA : memerlukan seni untuk membuat apa yang diminta dipahami, dimengerti dengan jelas sehingga apa yang diminta disetujui. Kalau meminta dengan cara memaksa, itu namanya tidak tau diri, karena yang perlu siapa. Meminta artinya adalah seni untuk menggugah hati.

MEMBERI JANGAN SAMPAI MENGUNGKIT : adalah etika kehidupan untuk menjaga perasaan, agar pemberian kita punya nilai mulia yang diingat sampai mati. Sedangkan pemberian yang diungkit itu akan membuat pemberian kita tidak punya arti apa-apa dan malah terhina. Hargailah hati sesamamu.

Selamat beraktivitas dengan beretika! Gb. jm.
With my sist in Christ, Nona Manuputty Pattipeilohy. Gb!

Baca juga  Roh Kudus Menuntun Kita Untuk Bersaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here