SEBAB BIARPUN GUNUNG-GUNUNG BERANJAK DAN BUKIT-BUKIT BERGOYANG, TETAPI KASIH SETIA-KU TIDAK AKAN BERANJAK DARIPADAMU (Yesaya 54:10).

0
33

Oleh: Pdt. Jacobus Manuputty

 

Apabila manusia yang bicara tentang Kesetiaan, kita masih ragukan konsistensinya. Karena didalam berbagai pengalaman kehidupan ini, yang namanya manusia itu kadang tidak setia didalam banyak hal. Tidak setia dalam ucap janji, hari ini berjanji dan kemudian dengan mudah ingkar janji. Tidak setia didalam tindak laku, sebab banyak perilaku yang tidak bisa dipertanggung-jawabkan karena sikap yang tidak setia. Itulah yang menyebabkan didalam kehidupan ini terdapat banyak kekecewaan, kesedihan dan ketidak percayaan antar manusia satu sama lain. Penyebabnya karena sikap ketidak-setiaan yang dimiliki manusia. Karena itu kita bersyukur sebab janji Kesetiaan ini datang dari Tuhan Allah sendiri. Ada 3 arti dan makna penting dari janji-janji Tuhan yang bisa menjadi pegangan bagi hidup kita orang-orang percaya, yaitu :

 

1. JANJI ITU SUMPAH YANG TERTUNDA :

Kalau Tuhan yang berjanji maka itu sama dengan sumpah-Nya yang tertunda dan pasti akan ditepati, karena Tuhan tidak pernah berbohong. Kalau Tuhan berjanji untuk menyertai hidup kita, maka Dia akan selalu buktikan itu. Apabila janji Tuhan untuk memberkati, maka pasti berkat-Nya akan diberi dan tidak akan diabaikan. Hanya kita manusia percaya yang harus yakin dengan sungguh-sungguh dan penuh kesabaran.

 

2. JANJI TUHAN ITU YA DAN AMIN :

Artinya, semua hal yang pernah Tuhan janjikan bagi kita manusia itu pasti akan ditepati, karena Tuhan tidak pernah bohong dan janji-Nya itu “Ya dan Amin”. Disinilah keyakinan Iman itu sangat diperlukan dari kita, tidak boleh sedikitpun ada keragu-raguan. Jangan pernah bimbang, karena mereka yang bimbang tidak akan mendapatkan apa-apa, itu kata Tuhan. Ini yang Tuhan inginkan dari diri kita, jangan ragukan Kesetiaan-Nya.

Baca juga  Yesuslah Air Hidup Bagi Jiwa Yang Dahaga

 

3. JANJI TUHAN ITU KEKUATAN BAGI KITA:

Bayangkan saja,  ungkapan bahwa “biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tetapi Kasih Setia Tuhan tidak akan pernah beranjak daripadamu”, mau memberi kekuatan dan pengharapan serta penghiburan kepada kita bahwa Tuhan itu Allah yang Setia dengan janji-janjiNya. Dalam situasi dan kondisi apapun hidup kita sebagai orang-orang beriman, peganglah teguh janji-janji Tuhan, itulah yang menguatkan kita hadapi hidup ini.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here