Stephen Tambayong: Peran Pemuda Kristen Harus Berdampak di Masyarakat

0
10
Stephen Tambayong bersama sang kekasih, Chelsea
Stephen Tambayong bersama sang kekasih, Chelsea

Oleh: Hotben Lingga

Jakarta, Suarakristen.com,

“Sebelum dan sesudah era Kemerdekaan RI, jadi sudah sejak dahulu, pemuda Kristen telah memainkan peranan penting di dalam perkembangan bangsa Indonesia. Sejak tahun 1908 di mana berdiri organisasi pemuda lokal bernama Budi Oetomo, yang disusul oleh organisasi-organisasi lokal lainnya seperti Sarekat Islam, Indische Partij, Partai Komunis Indonesia, sampai tahun 1928 lahir Sumpah Pemuda, pemuda-pemuda Kristen sudah ikut berperan aktif dalam proses pembangunan bangsa. Pemuda-pemuda Kristen seperti Johanes Leimena, Latuharhary, Sam Ratulangi, dan lain-lain, sudah tampil berkontribusi dalam membangun Indonesia. Mereka turut menggumuli keadaan sosial bangsa kita. Johanes Leimena misalnya menjadi orang kepercayaan Presiden Soekarno dan menjabat sebagai pejabat Presiden sebanyak tujuh kali. Kita sangat bersyukur bisa melihat bagaimana pemuda-pemuda Kristen seperti Leimena, Latuharhary, Sam Ratulangi dapat dipakai Tuhan untuk membangun bangsa ini.

Yang menjadi pertanyaannya sekarang, bagaimana dan apa peran pemuda Kristen dalam kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini? Apakah yang sudah dan bisa kita perbuat sebagai pemuda Kristen bagi lingkungan masyarakat di sekitar kita dan gereja kita?,”demikian diungkapkan Stephen Tambayong di sela-sela perayaan ulang tahunnya yang ke-20, di Restoran Ta Wan, Jakarta Timur. (23/11/16)

Kata Stephen Tambayong lagi,”Pemuda Kristen harus bisa berkontribusi positif dalam segala bidang bagi bangsa dan masyarakat. Pemuda Kristen dituntut untuk berbuat yang positif, baik atau konstruktif bagi bangsa ini. Dan berkarya. Jangan berbuat yang negatif seperti terlibat tawuran antar pelajar atau mahasiswa atau terlibat narkoba,

Pemuda Kristen tidak boleh apatis, cuek, tidak peduli dengan permasalahan sosial yang ada. Pemuda Kristen harus kritis dan memiliki kepekaan sosial atau empati sosial yang tinggi tentang keadaan sosial masyarakat dan bangsa kita.Kita harus ikut mengambil bagian di dalam pergumulan kehidupan bangsa dan masyarakat kita.

Saat ini ada banyak hal yang bisa pemuda Kristen lakukan di tengah-tengah gereja, atau bahkan bangsa dan negara kita. Pertama, selalu berdoa bagi bangsa dan negara kita. Kedua, kita harus berbuat yang baik dan positif. Aktif berorganisasi, berdiskusi dan kritis terhadap permasalahan sosial politik, ekonomi,dan aktif menulis di koran, media massa, dan proaktif memberi perhatian terhadap permasalahan sosial yang sedang terjadi di masyarakat, dan terjun langsung untuk membantu para korban bencana alam, serta proaktif melawan peredaran dan penyalahgunaan narkoba.”

“Tuhan Yesus sangat baik. Kita semua anak-Nya wajib mengikuti teladan dan jejak-Nya Teladan tentang kasih dan kebaikan ditunjukkan oleh Tuhan Yesus dengan senantiasa berbuat baik kepada semua orang tanpa memandang status atau latar belakang sosial; menyembuhkan orang sakit, melepaskan mereka dari segala keterikatan, memberi makanan kepada mereka yany lapar, dan lain-lain.

Pemuda Kristen juga harus menjadi warga negara dan warga kota yang baik. Biarlah orang lain merasakan kebaikan dari sikap dan perbuatan sehari-hari. “Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah. (Ibrani 13:16I).”Janganlah menahan kebaikan dari orang orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya. (Amsal 3:27)

Kebaikan adalah sifat Ilahi yang harus terpancar dalam kehidupan sehari-hari orang percaya. Mengapa? Karena status kita adalah sebagai anak-anak terang, umat pilihan Allah. “Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang, karena terang hanya berbuahkan kebaikan, keadilan dan kebenaran,”tegas Stephen Tambayong, mahasiswa FH Universitas Wiraswasta Indonesia (UWI), saat diminta pesannya bagi sesama pemuda Kristen.

Ada sekitar 60 orang hadir dalam perayaan ulang tahun Stephen Tambayong yang dirayakan secara sederhana tersebut. Tampak hadir antara lain kedua orang tua Stephen, yaitu Jefri Tambayong dan Istri, Ronny Tambayong dan Istri, adik-adik Stephen, kekasih Stephen, Chelsea, nenek, keluarga besar, serta teman-teman Stephen Tambayong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here