Punguan Toga Pandiangan Lakukan Terobosan Menyelenggarakan Festival Lagu Mars

0
15
Liberty Pandiangan, Kamidun Pandiangan, dan Harapan Pandiangan
Liberty Pandiangan, Kamidun Pandiangan, dan Harapan Pandiangan

Oleh: Hotben Lingga, Jakarta, Suarakristen.com.,

Punguan Toga Pandiangan  Pomparan Raja Humirtap  & Boru/Bere Jakarta & Nahumangliana sukses menyelenggarakan Festival Lagu Mars “Toga Pandiangan ” pada 29 November 2015″ di Gedung Graham William Soerjadjaya, kampus UKI Cawang, Jakarta.  Festival Lagu Mars tingkat Sejabodetabek tersebut bertema “Bernyanyi Membangun Semangat Persaudaraan Toga Pandiangan Pomparan Raja Humirtap”. Acara festival ini diikuti oleh sekitar 400 anggota Punguan Pandiangan sejabodetabek.

Dalam kata sambutannya, Ketua Panitia penyelenggara Festival Lagu Mars Toga Pandiangan, Drs. Liberty Pandiangan, M.Si., menyatakan,”Penyelenggaraan Festival Lagu Mars Toga Pandiangan ini dimaksudkan sebagai ajang sosialisasi, promosi dan silaturahmi agar Lagu Mars “Toga Pandiangan” bisa menjadi lagu wajib bagi Punguan Pandiangan dalam setiap acara dan kegiatan Punguan Pandiangan. Sepanjang pengetahuan kami, dari antara sekian banyak perkumpulan marga etnik Batak, baru Punguan Pandiangan-lah yang pertama sekali menyelenggarakan Festival Lagu Mars punguan marganya secara profesional. Tujuan utama festival ini adalah untuk membangun semangat persekutuan, persaudaraan, kekerabatan dan kesatuan hati antar anggota Punguan Pandiangan. Juga agar semangat kasih, kerja-sama dan gotong royong antar anggota bisa ditingkatkan.”

 

Urai Liberty Pandiangan lebih lanjut, Final Festival Lagu Mars Toga Pandiangan ini diikuti oleh 11 Paduan Suara dari pelbagai wilayah sejabodetabek.  Festival ini diselenggarakan secara profesional dengan mengundang juri dari luar. Dua  orang juri tingkat nasional yang menjadi dewan juri dalam Festival ini adalah Delima Simamora dari Yamuger dan Universitas Pelita Harapan dan Mario Sipayung. Juara hadiah I akan mendapat hadiah 3 juta Rupiah, juara kedua 2 juta Rupiah dan juara ketiga 1 juta Rupiah. Masing-masing juara juga akan mendapat medali. Disamping itu, semua finalis paduan suara akan mendapatkan bonus 1,5 juta Rupiah yang disumbangkan oleh Kamidun Pandiangan yang juga merupakan ketua umum Punguan Toga Pandiangan sejabodetabek.

 

Sementara itu, dalam kata sambutannya, Ketua Umum Punguan Toga Pandiangan Sejabodetabek, Kamidun Pandiangan, S.E., menyatakan,”Punguan Toga Pandiangan sejabotabek telah melakukan terobosan besar dengan menyelenggarakan Festival Lagu Mars. Sebab belum pernah di ibukota ini diselenggarakan festival Lagu mars marga tertentu secara profesional. Punguan Toga Pandiangan telah membuat sejarah. Kita berharap festival lagu mars ini bisa mendorong generasi muda Toga Pandiangan untuk  pro-aktif terlibat dalam perkembangan dan pengembangan musik Batak dan musik populer  nasional. Muda-mudi Toga Pandiangan harus berani tampil dan berprestasi dalam pentas-pentas musik nasional. Momentum festival ini agar dijadikan pemicu semangat bag I komunitas Punguan Toga Pandiangan untuk mempersiapkan penyanyi-penyanyi dan kelompok-kelompok musik yang handal, terkenal dan berprestasi. Semoga festival ini juga bisa mendorong saudara-saudara dari punguan marga yang lain terpacu untuk menyelenggarakan festival-festival Lagu Batak, festival lagu mars masing-masing punguan khususnya. Tugas kita semua mengembangkan budaya dan musik Batak agar bisa menjadi berkat dan model bagi bangsa kita.”

 

“Kami sangat senang melihat antusiasme dan ekspektasi punguan Toga Pandiangan dalam mendukung dan menyukseskan festival ini. Di waktu yang akan datang, pengurus Toga Pandiangan sejabodetabek akan menyelenggarakan festiva-festival dan pentas-pentas musik yang lebih besar dan melibatkan komunitas punguan marga yang Latin agar terjalin jaringan dan sinergi yang besar untuk kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Batak di  Jabodetabek ini. Kami terdorong untuk ikut memajukan musik Batak.”kata Kamidun Pandiangan dengan penuh semangat.

 

“Siapa yang menghargai sejarah akan membuat sejarah. Siapa yang ingin membuat sejarah harus membuat terobosan-terobosan besar dan banyak berprestas, banyak beramal baik dan bermurah hati kepada sesama. Punguan Toga Pandiangan di Jabodetabek sebagai bagian dari entitas masyarakat dan gereja harus berkarya dan berkontribusi bagi pembangunan kota dan masyarakat”tegas Kamidun Pandiangan lagi.

 

Hadir dalam Festival ini antara lain sesepuh-sesepuh Toga Pandiangan, seperti Harapan Pandiangan.

 

Tampil sebagai Juara I adalah paduan suara dari  Wilayah Jakarta Timur 3, Juara II dari Bekasi dan Juara III dari Jakarta Timur 1.

 

Sebelum pelaksanaan Festival Lagu Mars tersebut dimulai, terlebih dahulu diselenggarakan ibadah singkat yang dipimpin oleh Pdt. Tumpal Pandiangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here